Rabu, 24 Februari 2010

BKM GANDASOLI PLERED PURAKARTA

BULETIN TRESNA GANDASOLI


Assalamualaikum Wr.Wb.


Dengan rahmat dan ridho Alloh Swt kini telah terbit satu media informasi warga khususnya masyarakat desa Gandasoli pada umumnya.Buletin ini sengaja di terbitkan untuk memberi penjelasan tentang kelanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri dan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (PNPM Mandiri P2KP).


Dalam buletin ini mungkin akan di paparkan sedikit proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam program pembangunan . Di desa Gandasoli sekarang ini telah di bentuk Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pada tangga 15 Nopember 2007 dengan Akta Notaris No 9/W/XI/2007 tanggal 22 Nopember 2007, BKM Gandasoli berperan sebagai lembaga yang mengakar pada kepercayaan masyarakat dalam mengemban amanah untuk penanggulangan kemiskinan di wilayah desa kita ini. Didalam menanggulangi masalah yang dihadapi oleh masyarakat kita disini . BKM juga tidak bekerja sendiri,lembaga ini juga dibantu oleh para relawan – relawan yang terdiri dari para kelompok-kelompok masyarakat seperti misalnya KSM, dan Unit- unit pengelola, baik itu lingkungan,ekonomi,dan sosial.Tim ini mempunyai cukup banyak anggota sehingga mampu memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan pembangunan atau pengembangan kelompok secara bersamaan. Pemberdayaan masyarakat di lakukan untuk merubah masyarakat menjadi lebih mampu. Untuk memperbaiki keadaannya tersebut untuk mengembangkan potensi keterampilan masyarakat semisal pelatihan-pelatihan.


Ditahap yang pertama sudah dilakukan berbagai pelatihan dari mulai memasak,merias,sampai tahap bapak-bapak seperti pelatihan jamur tiram. Dan remaja nyapun tidak ketinggalan dengan mengikuti pelatihan ada yang ikut pelatihan sablon,dan elektronik.Program ini di arahkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan dan pencapaian masyarakat yang mandiri dan berorientasi pada kepedulian sosial terhadap warga di desa Gandasoli ini yang kurang mampu. Tumbuhnya kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk memperkuat kembali ikatan-ikatan pemersatu sebagai landasan membangun solidaritas sosial sehingga masyarakat mampu memecahkan persoalan-persoalan secara bersama dengan kemandirian melalui pembelajaran yang bertumpu pada kelompok. Melalui Buletin inilah nantinya masyarakat bisa lebih tahu. Apa-apa saja yang telah dilakukan untuk pembangunan desa,dari mulai Rw 01 s/d Rw 04.Misalnya pembuatan jalan gang, pelatihan- pelatihan,dan memberi santunan pada warga – warga jompo. Ditahap yang keduapun mungkin akan tertuju pada sektor pembangunan lingkungan.


Diantaranya pembuatan jalan gang , pembuangan air kotor (Drainase) , dan pemipaan air bersih. Disamping kegiatan- kegiatan tersebut tidak lupa juga akan direalisasikan tentang urusan ekonomi yang mungkin di desa kita ini banyak yang perlu,untuk Permodalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah